Sobat sebagai warga negara yang baik tentunya udah tau dong kalo bentuk negara kita ini adalah republik. Yaps, sebagai negara berbentuk republic ada tiga birokrat yang menaunginya. Pasti sobat udah sering denger deh, yaitu eksekutif, yudikatif, legislatif. Nah, kalo eksekutif itu adalah presiden, yudikatif adalah MA, MK, dan komisi yudisial, sedangkan legislative adalah DPR.

Nah, yang terakhir, yaitu DPR, banyak juga loh perbedaannya dengan MPR. Nah, kalo sobat sendiri tau ga apa sih bedanya MPR dan DPR? Jangan salah ngebedain ya, karena yang bakal dipilih nanti tanggal 9 adalah anggota DPR, hehehe. Jadi sobat semua harus tahu dong bedanya MPR dan DPR ini.

Sebenarnya, perbedaannya DPR dan MPR ini ada pada huruf depannya ya sob, hehehe. Kalo MPR sih depannya huruf M, kalo DPR itu huruf depannya D, hahaha..bukan itu ya sob😀. Kalo itu sih kaya jawaban anak SD. Hihi. Nah, selain huruf depan yang beda tadi, MPR jelas beda sama DPR ya sob.

Sesuai yang dilansir dari web resmi pemerintah, MPR ini punya fungsi untuk mengubah dan menetapkan UUD. Jadi, intinya mengesahkan UUD gitu deh sob. Selain itu, MPR juga bisa melantik presiden dan wakil presiden. Jadi, kalo udah resmi kepilih dilantik sama MPR deh. Bukan cuma kalo kepilih aja ya sob, kalo ada presiden yang berhenti, berarti MPR harus melantik wakil presiden jadi presiden. Kalo dua-duanya berhenti, ya dilantik juga. Selain itu, kalo wakil presidennya yang berhenti, MPR juga harus memilih dua calon yang diajukan oleh presiden sebagai penggantinya.

Berbeda dari MPR, DPR ini punya tugas berupa fungsi Legislasi, fungsi Anggaran dan fungsi Pengawasan. DPR ini punya tugas bikin undang-undang sob setelah undang-undang tersebut dibahas dengan presiden. Selain itu, DPR juga berhak memberikan persetujuan pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang. Nah, kalau ada DPD yang mengajukan rancangan UU di berbagai bidang, DPR juga bisa menerima dan membahas usulan RUU tersebut.

Sebaliknya, DPR juga bisa mengundang DPD untuk melakukan pembahasan RUU yang diajukan DPR maupun pemerintah. Selain itu juga DPR bisa menetapkan APBN bersama presiden, dsb. Tapi yang paling penting DPR ini harus bisa mewakili aspirasi masyarakat ya sob. Nah, begitu ya sob..jadi, MPR dan DPR itu beda dari tugas-tugasnya.

Sumber : http://ayobuka.com/2014/07/18/apa-sih-bedanya-mpr-dan-dpr/